Polri Kerahkan 2.627 Personel Amankan KTT ASEAN di Labuan Bajo

Ilustrasi anggota Brimob

Jumat, 28 April 2023 – 16:22 WIB

VIVA Nasional – Kepolisian Republik Indonesia (Polri), telah menyiapkan 2.627 personel guna mengamankan penyelenggaraan Konferensi Tingkat Tinggi ke-42 ASEAN atau ASEAN Summit, pada 9-11 Mei 2023. Pelaksanaan ASEAN Summit sendiri akan berlangsung di Labuan Bajo, Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur (NTT). 

Kepala Divisi Humas Polri, Irjen Sandi Nugroho mengatakan, ribuan personel Polri yang diturunkan merupakan gabungan dari Mabes Polri, Polda NTT dan Polda NTB. 

“Rencana personel yang dikerahkan yakni sebanyak 2.627 yang berasal dari Mabes Polri sebanyak 947 personel, Polda NTT 1.660 personel, dan Polda NTB 20 personel,” kata Sandi dalam keterangan tertulisnya, Jumat, 28 April 2023. 

Ilustrasi Polisi saat Perayaan HUT Polri (foto/antara)

Ilustrasi Polisi saat Perayaan HUT Polri (foto/antara)

Sandi menjelaskan, ribuan personel tersebut akan disebar di berbagai tempat, mulai dari bandara, akomodasi para delegasi atau kepala negara yang hadir hingga venue penyelenggaraan. Sebelum main event pada 9-11 Mei, Sandi menuturkan akan ada side event yang digelar pada 7 hingga 9 Mei. Untuk side event nantinya akan menjadi tanggung jawab penuh dari Polri. 

“Polri memberikan bantuan BKO personel di ring 1, 2, dan 3. Untuk side events menjadi tanggung jawab penuh dari Polri,” ujarnya. 

Pengamanan juga diperketat dengan keberadaan CCTV untuk memperkuat pengendalian dari Command Center, dari Bandara, sampai tempat acara dan akomodasi. 

Halaman Selanjutnya

“Terkait dengan camera body warm, CCTV statis dan mobile bisa kita penuhi,” katanya. 

img_title

Sumber: www.viva.co.id