Refleksi 1 Abad NU, SAS Institute Bicara Pemberdayaan Umat hingga Laku Setiap Pemilu

Direktur Eksekutif SAS Institute Dr. H. Sa'dullah Affandy.

Rabu, 8 Februari 2023 – 21:18 WIB

VIVA Nasional – Nahdlatul Ulama (NU) sebagai ormas Islam terbesar di Tanah Air sudah memperingati hari lahir 1 abad yang digelar di Sidoarjo, Jawa Timur, Selasa, 7 Februari 2023. Said Aqil Siroj (SAS) Institute menyampaikan sudut pandangnya terkait refleksi 1 abad NU.

Direktur Eksekutif SAS Institute Sa’dullah Affandy menjelaskan sudut pandangnya terkait keberhasilan NU serta tantangannya.

“Usia satu abad juga mau tidak mau membuat kita merefleksikan apa yang telah berhasil diraih NU dan tantangan apa yang ada di abad ke dua mendatang,” kata Sa’dullah, dalam keterangannya, Rabu, 8 Februari 2023.

Dia menilai ada lima aspek keberhasilan yang bisa dilihat secara kasat mata di abad pertama NU. Aspek pertama, NU sebagai organisasi dengan jemaah para pelestari tradisi. 

Sa’dullah bilang, NU mampu mempertahankan sebagai ormas Islam dengan pengikut terbesar di Tanah Air, bahkan di dunia.

Presiden Jokowi menghadiri Harlah 1 Abad NU di Sidoarjo, Jawa Timur

Presiden Jokowi menghadiri Harlah 1 Abad NU di Sidoarjo, Jawa Timur

Pun, yang kedua, dia menyebut sebagai ormas dengan pengikut terbesar, NU bisa memainkan peran dalam dinamika politik Tanah Air. Peran itu mulai dari pra-kemerdekaan, kemerdekaan, hingga pascakemerdekaan.

Halaman Selanjutnya

Bahkan, kata dia, NU juga sebagai organisasi sipil yang ikut berperan mengatasi pemberontakan Partai Komunis Indonesia (PKI). Menurut dia, NU paling aktif terlibat dalam menumpas pemberontakan.

img_title

Sumber: www.viva.co.id