Ribuan Warga di Kota Semarang Laksanakan Salat Idul Fitri Hari Ini

Warga salat Idul Fitri di Masjid Pangeran Diponegoro, Semarang, Jateng.

Jumat, 21 April 2023 – 09:56 WIB

VIVA Nasional – Sebagian warga di Kota Semarang melaksanakan ibadah salat Idul Fitri 1444 Hijriah, hari ini. Salat Id digelar di masjid dan lapangan terbuka yang dihadiri ribuan umat Islam, terutama warga Muhammadiyah yang meyakini bulan Syawal masuk pada hari ini sesuai perhitungan sistem hisab.

Satu di antaranya yang menggelar salat Id hari ini adalah Masjid Pangeran Diponegoro, Pedalangan Banyumanik.

Sejak pagi warga di Tembalang dan Banyumanik berduyun-duyun menuju masjid dan lapangan terbuka untuk melaksanakan salat Idul Fitri. Petugas dari babinsa TNI dan babinkamtibmas Polri turut menjaga keamanan pelaksanaan ibadah ini.

Warga salat Idul Fitri di Masjid Pangeran Diponegoro, Semarang.

Photo :
  • tvOne/ Teguh Joko Sutrisno

Jemaah laki-laki menempati ruangan dalam masjid, sedangkan jemaah wanita menempati halaman dan sebagian di jalan di depan masjid. Suasana gembira terpancar di wajah jemaah salat Id yang mengajak serta keluarga termasuk anak-anak.

Ibadah salat Id berjalan dengan khidmat dan lancar. Dalam kotbahnya, khotib mengajak jemaah untuk saling menghargai dan tetap memperkuat persaudaraan meski ada perbedaan dalam penentuan hari raya Idul Fitri.

“Perbedaan ini hanyalah pada cara atau metode penentuan hari pertama bulan Syawal yaitu cara hisab dan cara rukyat. Tapi untuk silaturahmi dan persaudaran tetaplah selalu terjaga dengan baik,” ujar khotib, Jumat, 21 April 2023.

Halaman Selanjutnya

Setelah salat, jemaah pun saling bersalaman dan bermaaf-maafan.

Sumber: www.viva.co.id

Exit mobile version