Selain Richard Eliezer, Ronny Talapessy Pernah Jadi Pengacara Ahok

Richard Eliezer dan Ronny Talapessy berdiskusi di ruang sidang

Rabu, 15 Februari 2023 – 16:12 WIB

VIVA Nasional – Doa dan dukungan yang diberikan kepada terdakwa Richard Eliezer alias Bharada E atas kasus pembunuhan berencana Brigadir J membuahkan hasil manis. 

Majelis Hakim memvonis Richard Eliezer dengan hukuman penjara 1 tahun 6 bulan. Ini lebih ringan dibanding dengan tuntutan jaksa penuntut umum. Posisinya, Richard Eliezer sebagai Justice Collaborator.

Proses persidangan selama berbulan-bulan ini tak lepas dari kuasa hukum Richard Eliezer yakni Ronny Talapessy yang bekerja keras selama ini. 

Ronny merupakan kuasa hukum terakhir Richard Eliezer yang sebelumnya adalah Andreas Nahot Silitonga, kemudian Deolipa Yumara dan Muhammad Boeharnuddin.

Pengacara sekaligus politisi PDI Perjuangan itu rupanya juga pernah menjadi kuasa hukum mantan Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok dalam kasus dugaan penistaan agama di tahun 2016 lalu. 

Ketika itu, Ahok dilaporkan atas dugaan penistaan agama lantaran pidatonya yang menyebut surat Al Maidah ayat 51 di Kepulauan Seribu. Meski Ahok sudah meminta maaf atas pidatonya itu, sidangnya tetap berjalan.

Halaman Selanjutnya

Ahok tak melanjutkan bandingnya di tahun 2017 dan ia pun harus menjalani hukumannya. Ahok bebas pada 24 Januari 2019. Dari sinilah namanya semakin mencuat.

img_title

Sumber: www.viva.co.id