Seperti Anak Kecil Main ke Tetangga dan Tidak Pulang

Dosen Universitas Islam Indonesia (UII) Yogyakarta, Ahmad Munasir Rafie Pratama

Selasa, 21 Februari 2023 – 00:22 WIB

VIVA Nasional – Seorang dosen Universitas Islam Indonesia (UII) bernama Ahmad Munasir Rafie Pratama hilang kontak usai berada di Istanbul, Turki. Rafie sebelum berada di Istanbul sempat bersama rombongan UII berada di Oslo, Norwegia.

Rafie tak lagi ada kabar keberadaannya sejak 13 Februari 2023. Pihak UII pun melaporkan hilangnya Rafie ke Interpol dan Polri.

Dari penelusuran United States Customs and Border Protection (USCBP) terdeteksi jejak keberadaan Rafie di Amerika Serikat (AS). Rafie terdeteksi masuk ke AS melalui Bandara Boston pada 13 Februari 2023 lalu.

Terkait keberadaan Rafie di AS, Rektor UII Fathul Wahid mengakui jika sang dosen memang memiliki sejarah pernah berada di negara berjuluk Paman Sam ini.

Fathul membeberkan jika dosen informatika ini masih memiliki visa AS. Selain itu, dia mengungkapkan jika Rafie memang pernah kuliah di Amerika Serikat.

Rafie merupakan lulusan AS. Pada tahun 2019, Rafie meraih gelar PhD dalam bidang Teknologi, Kebijakan dan Inovasi dari Stony Brook University, State University of New York.

Halaman Selanjutnya

“Mas Rafie masih punya Visa Amerika Serikat. Beliau lulusan Amerika. Tahun lalu juga dua kali ke Amerika untuk mengerjakan proyek internasional,” ujar Fathul di UII, Senin 20 Februari 2023.

img_title

Sumber: www.viva.co.id