Solo Terendam Banjir, Ribuan Warga Mengungsi

Warga kebanjiran di Solo, Jateng.

Jumat, 17 Februari 2023 – 16:16 WIB

VIVA Nasional – Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka memastikan ribuan warga Solo mengungsi akibat luapan sejumlah anak sungai yang mengalir ke aliran Bengawan Solo. Sungai-sungai itu banjir lantaran Kota Solo diguyur hujan deras pada Kamis, 16 Februari 2023 sejak siang hingga malam hari.

Berdasarkan data dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Solo hingga Jumat, 17 Februari 2023 masih terdapat sejumlah titik yang tergenang banjir. Banjir terjadi di 4 kecamatan dan meliputi 16 kelurahan.

Adapun jumlah warga yang terdampak banjir yang terjadi sejak kemarin hingga hari ini mencapai 21.846 jiwa. Sedangkan jumlah warga yang mengungsi ke sejumlah tempat pengungsian yang telah disiapkan sebanyak 3.898 orang.

Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka.

Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka.

Photo :

  • VIVA.co.id/ Fajar Sodiq (Solo)

Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka membenarkan bahwa ribuan warganya mengungsi lantaran tempat tinggalnya terendam banjir. Bencana banjir itu selain disebabkan hujan deras juga dipengaruhi dampak pembukaan Waduk Gajah Mungkur di Kabupaten Wonogiri yang membuat aliran Sungai Bengawan Solo meluap.

“Warga yang mengungsi sampai ribuan jiwa soalnya tinggi naiknya (air) cepat. Ya itu tadi limpahan air dari Waduk Gajah Mungkur,” kata Gibran saat ditemui wartawan usai mengikuti upacara HUT ke-278 Kota Solo di Solo Safari, Jumat, 17 Februari 2023.

Gibran memastikan Pemerintah Kota (Pemkot) Solo dan jajarannya akan terus memantau kondisi warganya yang mengungsi di sejumlah tempat pengungsian yang telah disiapkan. Ia menjamin kebutuhan pokok untuk para pengungsi aman.

Halaman Selanjutnya

“Abis ini saya langsung muter ke beberapa lokasi ya. Yang jelas kita pastikan di tempat-tempat pengungsian untuk bahan-bahan makanan dan obat-obatan tersedia banyak. Moga-moga siang ini bisa surut ya,” ujarnya.

img_title

Sumber: www.viva.co.id