Tak Ada Ruang Tunggu Representatif di Terminal Merak, Pemudik Tidur Ngemper di Pelabuhan

Pemudik tidur ngemper di pelabuhan Merak

Minggu, 30 April 2023 – 13:07 WIB

VIVA Nasional – Tak ada ruang tunggu memadai di Terminal Terpadu Merak (TTM), pemudik memilih tidur di Dermaga Eksekutif Pelabuhan Merak, Kota Cilegon, Banten. Tak hanya remaja, nampak sejumlah anak-anak pun tidur di samping orang tua dengan alas seadanya.

Kursi, karpet, lantai, hingga panggung kecil yang ada di Lantai 2 Dermaga Eksekutif Pelabuhan Merak, menjadi tempat pemudik melepas lelah dan kantuk yang tak tertahan, sembari menunggu kendaraan umum tujuan mereka datang.

Salah satunya di ceritakan oleh Ilham (21), pemudik asal Lampung dengan tujuan Jakarta. Melakukan perjalanan berjam-jam lamanya, dia sampai di Pelabuhan Merak pada Minggu dini hari, 30 April 2023, sekitar pukul 00.00 wib.

Demi menghemat ongkos, dia menunggu bus gratis yang mengantarkannya ke Stasiun Cilegon. Kemudian menaiki kereta tujuan Rangkasbitung, selanjutnya disambung dengan kereta listrik tujuan Tanah Abang.

Dia merasa kesulitan setelah adanya perubahan rute perjalanan kereta api selama arus mudik, yang sebelumnya bisa sampai di Stasiun Merak, kini hanya sampai di Stasiun Cilegon lagi.

“Untung masih boleh tidur, coba kalau enggak boleh, (tidur) di luar gimana, (tidur) di tengah jalan enggak mungkin kan. Biasanya kan disana, yang naik kereta turun disana (dekat dermaga I), yang bus-bus bisa lewat sini kan. Kereta ekonomi kan kadang duduk kadang berdiri, kalau kereta listrik itu kan berdiri, kursinya kanan kiri, yang enggak beruntung mah berdiri. Dari Rangkas ke Tanah Abang aja bikin ngantuk itu,” ujar Ilham, ditemui di Dermaga Eksekutif Pelabuhan Merak, Kota Cilegon, Banten, Minggu, 30 April 2023.

Pemudik tidur ngemper di pelabuhan Merak

Pemudik tidur ngemper di pelabuhan Merak

Halaman Selanjutnya

Begitupun bagi Rohman (34), warga Lampung dengan dengan tujuan Balaraja, Kabupaten Tangerang, Banten. Dia bersama istri dan anaknya memilih tidur di karpet tipis di salah satu lokasi di Dermaga Eksekutif Merak.

img_title

Sumber: www.viva.co.id