Temui Gubernur Kalbar, Benny Singgung Banyak ‘Jalur Tikus’ Sindikat PMI Ilegal

Kepala BP2MI Benny Rhamdani (kiri) dan Gubernur Kalbar Sutarmidji.

Senin, 17 April 2023 – 04:02 WIB

VIVA Nasional – Kepala Badan Pelindungan Pekerja Migran Indonesia (BP2MI) Benny Rhamdani menemui Gubernur Kalimantan Barat Sutarmidji. Benny terus menyuarakan perlindungan dan penyelamatan pekerja migran Indonesia (PMI) dari sindikat mafia.

Dia menyebut ‘rahasia’ menyelamatkan PMI dari eksploitasi sindikat ilegal. Salah satunya dengan memperkuat edukasi terhadap PMI. 

“Saya sampaikan kepada Pak Gubernur Kalimantan Barat, Pak Sutarmidji bahwa kunci menyelamatkan PMI dari ancaman sindikat ialah memperkuat edukasi. Ada pemahaman bersama dan kerja-kerja bersama,” kata Benny, dalam keterangannya, yang dikutip pada Senin, 17 April 2023.

Menurut dia, BP2MI punyai tugas berat dalam menghadapi sindikat penyalur PMI ilegal. Ia bilang bukan hanya pencegahan, BP2MI juga punya tanggungjawab menyiapkan tenaga kerja yang handal, kompeten, dan profesional.

“Diimbangi dengan jabatan yang baik, dan gaji yang tinggi,” tutur Wakil Ketua Umum Partai Hanura tersebut.

Kepala BP2MI Benny Rhamdani dan Gubernur Kalbar Sutarmidji.

 

Benny bilang, penegakan hukum jadi hal penting yang diperhatikan. Kata dia, BP2MI akan melibatkan berbagai kalangan untuk mengorkestrasi kekuatan dalam melawan sindikat penempatan ilegal PMI. 

Halaman Selanjutnya

Pun, dia menambahkan dirinya sudah berkomunikasi dengan Sutarmidji bahwa BP2MI akan menggelar Rapat Koordinasi Terbatas (Rakortas) di Kalbar. “Yang menghadirkan seluruh Kepala Daerah Kabupaten/Kota dan stakeholder terkait yang ada di Kalbar,” tutur Benny.

Sumber: www.viva.co.id

Exit mobile version