Wanita Tewas di Lift Bandara Kualanamu, Ombudsman Minta Keterangan Otban dan PT Angkasa Pura Aviasi

Kepala Ombudsman RI Perwakilan Sumut, Abyadi Siregar saat Sidak Bandara Kualanamu.

Kamis, 4 Mei 2023 – 00:02 WIB

VIVA Nasional – Ombudsman RI Perwakilan Sumut meminta keterangan pihak Otoritas Bandara Udara Wilayah II Medan dan PT Angkasa Pura Aviasi (APA). Hal itu terkait dengan tewasnya Asiah Sinta Dewi Hasibuan di lift Bandara Kualanamu, Kabupaten Deli Serdang.

Untuk Otban Wilayah II Medan dimintai keterangan pada Selasa 2 Mei 2023 dan PT APA, Rabu 3 Mei 2023. Keterangan yang diminta adalah seputar penyelenggaraan layanan publik di bandara berkelas internasional itu.

“Otban Selasa kemarin dan PT APA hari ini, pukul 14.00 WIB. Dimintai keterangan di Kantor Ombudsman Sumut,” ucap Kepala Ombudsman RI Perwakilan Sumut, Abyadi Siregar saat dikonfirmasi VIVA, Rabu sore, 3 Mei 2023.

Kepala Ombudsman RI Perwakilan Sumut, Abyadi Siregar saat Sidak Bandara Kualanamu.

Kepala Ombudsman RI Perwakilan Sumut, Abyadi Siregar saat Sidak Bandara Kualanamu.

Abyadi menjelaskan, Ombudsman bertugas mengawasi pelayanan publik, sehingga dalam kasus kematian pengunjung tersebut pihak Ombudsman Sumut nantinya akan melihat perspektif pelayanan publik. “Pelayanan publik itu, ada hak dan kewajiban penyelenggara pelayanan. Ada kewajiban mereka, sesuai dengan Undang-undang nomor 25 tahun 2009 tentang pelayanan publik,” jelas Abyadi.

Dalam meminta keterangan ini, Abyadi mengungkapkan bahwa pihaknya ingin melihat pelayanan yang dilakukan Otban dan PT APA di Bandara Kualanamu, sudah berjalan secara prosedural secara regulasi atau tidak.

“Kewajiban itu, sudah mereka lakukan atau tidak. Justru mereka lalai dalam menjalankannya, sehingga menyebabkan orang meninggal. Untuk mengetahui itu, Ombudsman sidak ke Bandara Kualanamu. Kita juga akan melihat regulasi, soal pelayanan publik di Bandara Kualanamu. Kita akan kaji laporan itu, ending-nya Laporan Akhir Hasil Pemeriksaan (LAHP),” jelas Abyadi.

Halaman Selanjutnya

Kronologi Kejadian

img_title

Sumber: www.viva.co.id