Wanita Tewas Terjatuh dari Lift, Ombudsman Sebut Pelayanan Publik Bandara Kualanamu Kurang Baik

Kepala Ombudsman RI Perwakilan Sumut, Abyadi Siregar.

Kamis, 4 Mei 2023 – 04:00 WIB

VIVA Nasional – Ombudsman RI Perwakilan Sumut terus mendalami adanya indikasi penyelenggaraan pelayanan publik kurang baik di Bandara Kualanamu, Kabupaten Deli Serdang. Ini menyusul ditemukannya mayat wanita bernama Asiah Sinta Dewi Hasibuan di lift Bandara tersebut.

“Kita punya catatan, (seharusnya) ada jaminan keselamatan dan kenyamanan. Tapi, pelayanan publik Kualanamu kurang baik. Aspek pelayanan dan penyelenggaraan pelayanan publik di Bandara Kualanamu kurang baik,” ucap Kepala Ombudsman RI Perwakilan Sumut, Abyadi Siregar saat dikonfirmasi VIVA, Rabu, 3 Mei 2023.

Kepala Ombudsman RI Perwakilan Sumut, Abyadi Siregar saat Sidak Bandara Kualanamu.

Kepala Ombudsman RI Perwakilan Sumut, Abyadi Siregar saat Sidak Bandara Kualanamu.

Abyadi mengatakan, Bandara Kualanamu berstandar Internasional dan bekerja sama dengan perusahaan asing, sehingga pelayanan publik di bandara tersebut harus menjadi contoh dan ada catatan perbaikan ke depannya.

“Konstruksi lift kurang pas, dan kurang memberikan keamanan dan keselamatan,” kata Abyadi.

Pada umumnya, Abyadi mengungkapkan lift pintunya hanya satu. Tapi, ini ada dua pintu di Bandara Kualanamu. Sehingga, dia menilai ini dapat membuat pengguna lift jadi bingung saat masuk dan keluar lift.

“Kita naik pintu A, keluarnya di pintu B. Begitu dilakukan korban lah. Pintu yang jatuh korban, bukan pintu keluar. Karena itu, dinding pintu kaca. Terbuka pintu lift dan ada ruang kosong, sekitar 50 cm. Seharusnya, tidak ada ruang kosong, kalau tidak ada ruang kosong, tidak terjatuh,” ucap Abyadi.

Halaman Selanjutnya

Kronologi

img_title

Sumber: www.viva.co.id