Wapres Ma’ruf Minta Pelaku Pembakaran Pesawat Susi Air Ditindak Tegas

Wakil Presiden Maruf Amin bersama Wakil Menteri Agama Zainut Tauhid Sa'adi dan Ketua Baznas Noor Achmad dalam acara Silaturahim Wapres Ma'ruf Amin dengan pimpinan dan pengurus Baznas se-Jawa Tengah di Surakarta, Senin, 21 November 2022.

Jumat, 10 Februari 2023 – 18:43 WIB

VIVA Nasional – Baru-baru ini, Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) membakar Pesawat Susi Air Pilatus Porter PC 6/PK-BVY rute Timika-Paro-Timika di Bandara Paro, Kabupaten Nduga, Provinsi Papua Pegunungan. Pasukan gabungan TNI-Polri pun telah melakukan upaya evakuasi korban sejak peristiwa ini terjadi, Selasa, 7 Februari 2023.

Menanggapi hal tersebut, Wakil Presiden (Wapres) K.H. Ma’ruf Amin selaku Ketua Badan Pengarah Papua menegaskan bahwa harus ada penegakan hukum yang menjerat para pembuat kerusuhan.

“Saya minta supaya pembuat rusuh itu dikejar dalam rangka penegakan hukum,” tegas Ma’ruf Amin saat memberikan keterangan pers usai meresmikan Balai Latihan Kerja (BLK) Komunitas 2022 di Pondok Pesantren Manhalul Ma’arif Nahdlatul Ulama Darek, Kabupaten Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat, Jumat 10 Februari 2023.

Pilot Pesawat Susi Air dirujuk ke Solo.

Pilot Pesawat Susi Air dirujuk ke Solo.

Lebih lanjut, Ma’ruf menilai kurangnya pengawalan di tempat-tempat strategis juga menjadi salah satu penyebab kejadian tersebut.

“Tempat-tempat yang strategis itu harus ada penjagaan, pengawalan, jangan sampai di tempat itu kemudian tidak ada pengawalan. Pesawat datang kemudian bisa dibakar karena kurang pengawalan,” ujar Ma’ruf.

Untuk itu, Ma’ruf menekankan bahwa pemerintah akan terus membangun kesejahteraan di Papua dan menyesuaikan dengan keinginan masyarakat Papua dengan dukungan dari para tokoh masyarakat dan tokoh agama.

Halaman Selanjutnya

“Kita terus membangun kesejahteraan di sana, dan kita sesuaikan dengan kemauan orang Papua. Kita berikan perubahan-perubahan, sasaran pembangunan untuk kesejahteraan sesuai masalah yang dihadapi, dan kita sudah dapat semua dukungan dari tokoh-tokoh masyarakat, tokoh-tokoh gereja, dan tokoh agama,” ungkap Wapres.

img_title

Sumber: www.viva.co.id