Waspada Cuaca Buruk di NTB, Ada Bibit Tropis 98S

Cuaca buruk berupa angin kencang dan gelombang tinggi. Foto ilustrasi.

Minggu, 9 April 2023 – 02:00 WIB

VIVA Nasional – Potensi cuaca buruk diprediksi akan terjadi di NTB sepanjang 8-11 April 2023. Itu akibat adanya bibit siklon tropis 98S yang terpantau berada di Laut Timur sebelah barat daya Saumlaki.

Bibit siklon tropis berposisi di 9,7 derajat lintang selatan dan 129,3 derajat bujur timur, dengan kecepatan angin maksimum 35 knot dan tekanan udara minimum sebesar 996 mb bergerak ke arah barat daya.

Kepala BMKG Stasiun Meteorologi Zainuddin Abdul Madjid, Cucu Kusmayandu, mengatakan akibat siklon tersebut berpotensi menimbulkan hujan sedang hingga lebat di NTB. Hujan dapat disertai petir dan angin kencang.

“Berpotensi terjadi di Kota Mataram, Lombok Barat, Lombok Utara, Lombok Tengah, Lombok Timur, Sumbawa, Sumbawa Barat, Kabupaten Bima, Kota Bima dan Dompu pada 8 hingga 11 April,” katanya, Sabtu, 8 April 2023.

Selain itu, gelombang tinggi juga diprediksi akan terjadi. Gelombang dengan ketinggian 1,25 meter hingga 2,5 meter berpotensi terjadi di Selat Lombok – Alas bagian utara, Perairan Utara Sumbawa, Laut Sumbawa dan Selat Sape.

Ketinggian gelombang 2,5 meter hingga 4 meter berpotensi terjadi di Selat Lombok – Alas bagian selatan dan Samudera Hindia selatan NTB.

BMKG mengimbau masyarakat, untuk mewaspadai banjir, pohon tumbang, sambaran petir, longsor, puting beliung dan gelombang tinggi.

Sumber: www.viva.co.id

Exit mobile version