WNA Ludahi Imam Masjid Bandung Dideportasi Imigrasi Soekarno-Hatta

WNA asal Australia Mchartur Brenton Craig Abas Abdullah

Sabtu, 6 Mei 2023 – 13:54 WIB

VIVA Nasional – Mchartur Brenton Craig Abas Abdullah alias MB (47), WNA asal Australia yang merupakan pelaku peludahan Imam Masjid Al-Muhajir Bandung, akhirnya dideportasi melalui Terminal 3 Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang.

MB dideportasi pada Jumat, 5 Mei 2023, pukul 21.30 WIB menggunakan maskapai Qantas Airways nomor penerbangan QF 40 tujuan Melbourne, Australia, oleh pihak Kantor Imigrasi Kelas I Khusus TPI Soekarno-Hatta.

Kepala Kantor Imigrasi Kelas I Khusus TPI Soekarno-Hatta, Muhammad Tito Andrianto mengatakan, proses deportasi itu berdasarkan Pasal 75 Undang-Undang Keimigrasian Nomor 6 Tahun 2011. Dimana, proses deportasi merupakan kewenangan petugas Imigrasi untuk melakukan tindakan administratif keimigrasian terhadap orang asing yang berada di wilayah Indonesia.

WNA asal Australia Ludahi Imam Masjid di Bandung

WNA asal Australia Ludahi Imam Masjid di Bandung

Photo :

  • Istimewa/Tangkapan layar media sosial/republika

“Orang asing yang berada di Indonesia bisa dilakukan tindakan deportasi atau tindakan paksa mengeluarkan orang asing dari wilayah Indonesia, usai diduga membahayakan keamanan dan ketertiban umum atau tidak menghormati atau menaati peraturan perundang-undangan,” katanya pada Sabtu, 6 Mei 2023.

Lanjut dia, MB pun memenuhi proses deportasi itu usai melakukan tindakan yang mengganggu ketertiban umum. “Aksi peludahan yang dilakukan MB ini pun, ia dikenakan tindakan administratif keimigrasian berupa deportasi dan masuk ke dalam daftar tangkal Ditjen Imigrasi,” ujarnya.

Sebelumnya, usai melakukan peludahan pada Imam Masjid Al-Muhajir Bandung, MB sempat akan melakukan keberangkatan atau keluar dari negara Indonesia melalui Bandara Soetta, pada 28 April 2023, namun berhasil dicegah dan diserahkan pada pihak kepolisian.

Halaman Selanjutnya

Kapolrestabes Bandung Kombes Pol Budi Sartono langsung turun tangan usai mendapatkan sebuah informasi ada Warga Negara Asing (WNA) asal Australia yang memaki hingga meludahi seorang imam di Masjid Al Muhajir, Muhamad Basri Anwar, pada Jumat 28 April 2023. 

img_title

Sumber: www.viva.co.id