Zulhas Jadi Pembisik Jokowi untuk Ubah Rute Saat Tinjau Jalan Rusak di Lampung

Mobil jenis SUV yang ditumpangi Jokowi saat cek jalan rusak di Lampung

Minggu, 7 Mei 2023 – 19:02 WIB

VIVA Nasional – Menteri Perdagangan (Mendag) Zulkifli Hasan ternyata merupakan sosok di balik berubahnya rute peninjauan jalan rusak di Lampung yang dilakukan Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) pada Jumat, 5 Mei 2023 lalu.

Hal ini terungkap dari sebuah video berjudul ‘Pembagian Peran Ketika di Lampung’ yang diunggah akun TikTok Partai Amanat Nasional (PAN). 

Mulanya, video menampilkan empat sosok pejabat negara yang akan meninjau jalan rusak di Lampung. Keempatnya yakni Presiden Jokowi, Zulkifli Hasan, Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, dan Menteri BUMN Erick Thohir.

Ekspresi Jokowi saat melihat jalan rusak di Lampung

Ekspresi Jokowi saat melihat jalan rusak di Lampung

Photo :

  • Biro Pers, Media dan Informasi Sekretariat Presiden

Video kemudian berputar dan menampilkan tiap sosok pejabat negara itu dengan peran masing-masing saat meninjau jalan rusak. Pertama, ada Presiden Jokowi yang disebut sebagai pengambil kebijakan.

Kemudian, Basuki Hadimuljono sebagai eksekutor pekerjaan, Erick Thohir yang bertugas menjaga Basuki Hadimuljono, serta Zulkifli Hasan alias Zulhas yang menjadi pembisik ubah rute.

“(Wajah Presiden Jokowi) pengambil kebijakan, (Basuki Hadimuljono) eksekutor pekerjaan, (Erick Thohir) jagain Pak Bas, (Zulhas) pembisik ubah rute,” bunyi keterangan dalam video, seperti dilihat VIVA, Minggu, 7 Mei 2023. 

Halaman Selanjutnya

Selain itu, wajah dari Gubernur Lampung Arinal Djunaidi juga ditampilkan dalam video tersebut. Hanya saja, tidak ada keterangan peran untuk Arinal saat ikut mendampingi Presiden Jokowi meninjau jalan rusak di wilayahnya itu.

img_title

Sumber: www.viva.co.id